Selasa, 24 Maret 2015

.: Syukurilah nikmat Allah


Dari Abu Hurairah Radhiallahu Anhu berkata, Rasulullah Sallallahu 'Alaihi wasallam bersabda: ‘Lihatlah orang-orang yang berada di bawah kalian, dan janganlahmelihat orangyang di atas kalian karena hal itu  lebih pantas agar kalian tidak menganggap renda nikmat Allah yang telah dianugerahkan kepada kalian’ (Muttafaqun 'alaih).
 
Manfaat dari Hadits ini:
  • (Hadits ini mengajarkan akan) wajibnya mensyukuri nikmat Allah, dan anjuran untuk bersifat qana’ah (merasa cukup), dan seharusnya seorang mukmin dalam persoalan dunia senantiasa melihat kepada oang yang di bawahnya, karena seorang hamba bagamana pun miskinnya, maka ia akan dapati bahwa masih ada orang yang lebih miskin darinya, bagaimanapun seseorang merasakan sakit, akan ia akan dapati bahwa di sana ada orang yang lebih parah sakitnya.  Begitu pun jika seseorang memperhatikan keadaan orang-orang yang memiliki kekurangan dari segi fisik, seperti orang-orang yang cacat. Dan ia bandingkan dengan drinya yang terhindar dari kekurangan seperti itu, maka akan menjadikan ia mengingat Allah dan bersyukur atas nikmatnya dan dengan sikap itu ia akan mendapatkan ketenangan jiwa. Berbeda halnya dalam persoalan ketaatan, taqarrub kepada Allah, maka seharusnya yang diperhatikan adalah orang-orang yang di atas tingkat ketaatannya, dan menganggap dirinya termasuk orang yang masih sangat rendah dala maalah akhirat.
Sumber: Kitab Tuhfatul Kiram Syarh Bulughil Maram, Kitabul Jami’ Bab Adab, no.1394

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Islam, Iman, dan Ihsan

Hadits kedua   عن عمر رضي الله عنه أيضاً ، قال : بينما نحن جلوس عند رسول الله صلى الله عليه وسلم ذات يوم إذ طلع علينا رجل شديد بياض ...